Analisa kegagalan sistem beta pesawat Grob G 120TP-A dengan menggunakan metode Mean Time Between Failure

Agung Prakoso, Bima Candra Gautama Adi Setyo, Denny Dermawan, Cyrilus Sukaca Budiono, Indro Lukito, Riski Kurniawan

Submitted : 2024-07-23, Published : 2024-08-08.

Abstract

Pesawat Grob G 120TP-A merupakan jenis pesawat latih dengan engine single turbo propeller. Dalam kinerja engine pesawat Grob G 120TP-A tersebut memiliki komponen yang dinamakan sistem beta untuk mengubah sudut riverse pada propeller dan menghasilkan gaya drag. Rata-rata kegagalan sistem beta banyak terjadi sebelum mecapai usia 3000 jam terbang. Berdasarkan hal tersebut dilakukan observasi kegagalan sistem beta pesawat Grob G 120TP-A dalam kurun waktu tahun 2016-2023, kemudian dilakukan analisis dengan Mean Time Between Failure (MTBF) dan dibandingkan dengan nilai probabilitas yang didapatkan dari pengalokasian Fault Tree Analysis (FTA). Hasil dari nilai mean time between failure paling tinggi pada sistem beta adalah terjadinya kegagalan N2 Fluctuate yang bernilai 961 cycle dan pesawat dengan nilai paling tinggi adalah pada pesawat LD 1201 dengan nilai 157 cycle, selanjutnya dibandingkan dengan probabilitas faul tree, maka kegagalan pada sistem beta dari total keseluruhan yang tidak bisa diterima hanya pada kegagalan vibration dan N2 fluctuate.

Keywords

Beta Sistem; MTBF; FTA; Cycle; Grob G 120TP-A

References

M. Mora, “Telaahan Literatur Tentang Program Perawatan Pesawat Udara,” War. Ardhia, vol. 38, no. 4, pp. 356–372, 2012, doi: 10.25104/wa.v38i4.205.356-372

Farhan Ramadhan and I Made Arsana, “Sistem Pemeliharaan Ban Pesawat Terbang Airbus A320”, Jurnal Teknik Mesin Volume 11 Nomor 01 Tahun 2023, Hal 95 - 102, doi: 10.26740/jtm.v11n01

Fajar Khanif Rahmawati , Istiyawan Priyahapsara , R.A. Funny , D.T. Wati, “Grob G 120 Tp-A Aircraft Beta System Analysis Using Fta (Fault Tree Analysis) Method”, Jurnal Vortex Vol 4, No 2, 2023, doi: 10.28989/vortex.v4i2.1652

Ahmad Fauzi, “Analisis Air Mode Pada Exhaust Gas Temperature Margin Terhadap High Pressure Compressor Clearance Control Mesin Turbofan Cfm 56-3c Pesawat Boeing 737 Classic Dengan Metode Fmea”, Jurnal Teknik Mesin: Vol. 11, No. 3, Oktober 2022, Universitas Mercu Buana.

Ainul Chuzam, Bambang Kustiawan, Marsono, “Pemeliharaan Dan Kesiapan Pesawat G 120tp-A Grob Di Lanud Adisutjipto”, Jurnal Strategi Pertahanan Udara, Volume 9, Nomor 1, 2023, doi: 10.33172/jspu.v9i1.8283

Gilang Lailul Akbar, “Rancang Bangun Alat Wiring Diagram Thrust Reverse Engine System Boeing 737-200 Sebagai Media Pembelajaran Di Politeknik Penerbangan Surabaya”, Jurnal Teknologi Penerbangan, ISSN : 2548 – 8090 e – ISSN : 2548 – 8104 VOL. 5 No. 2 Oktober 2021, doi: 10.46491/approach.v5i2.912

Erna Shevilia Agustian, “Kajian Maintenance Pesawat Penumpang Di Indonesia”, Jurnal Teknik SILITEK, Vol. 03 No. 01 April 2023, doi:10.51135/jts.v3i01.61

Iman Mujiarto, Eddi Indro Asmoro, and Kundori Kundori, “Pengukuran Laju Kerusakan Dengan Mengindikasikan Nilai Mtbf Dalam Manajemen Perawatan Mesin Pada Pt. Aic,” J. Tek. Mesin, Ind. Elektro Dan Inform., vol. 1, no. 3, pp. 14–23, 2022, doi: 10.55606/jtmei.v1i3.491

N. F. Fatma, H. Ponda, and R. A. Kuswara, “Analisis Preventive Maintenance Dengan Metode Menghitung Mean Time Between Failure (Mtbf) Dan Mean Time To Repair (Mttr) (Studi Kasus Pt. Gajah Tunggal Tbk),” Heuristic, vol. 17, no. 2, pp. 87–94, 2020, doi: 10.30996/heuristic.v17i2.4648

P J Wilkinson, T P Kelly, “Functional Hazard Analysis For Highly Integrated Aerospace Systems”, Conference: Certification of Ground/Air Systems Seminar, doi: 10.1049/ic:19980312

Mohammed Taaqbier, Edi Sofyan, Ferry Setiawan, “Perancangan Aktivitas Maintenance Dengan Metode Reliability Pada Sistem Auxiliary Power Unit (Apu) Pesawat Boeing 737-500 Studi Kasus Di Pt. Mmf Surabaya”, Teknika STTKD : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 7, No. 2, Desember 2021, doi: 10.56521/teknika.v7i2.318

A. Prakoso, R. Kurniawan, and F. Mauluddin, “Penanganan dan Analisa Kegagalan Pada Bleed Air Leak Detection System Pesawat Airbus A330-300 di Hanggar 3 PT.GMF AEROASIA,” Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA), vol. 3, no. 2, pp. 73–78, Dec. 2021, doi: 10.30871/jatra.v3i2.3714

S. Perkasa and F. K. Rahmawati, “Analisis Kegagalan Lubrication System Auxiliary Power Unit (APU) Pesawat,” Vortex, vol. 4, no. 2, Jun. 2023, doi: 10.28989/vortex.v4i2.1693

S., A. Sugiyanto, Y. Estriyanto, and B. Harjanto, “Analisis Kegagalan Retak dan Teknologi Perbaikan Sudu Turbin Jenis Inconel 792 pada Pesawat Terbang,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 14, no. 1, Sep. 2013, doi: 10.9744/jtm.14.1.22-27

A. L. Karimah, M. I. Mawarda, W. Pauru’, Y. Ramadhan, and Y. Amalia, “Analisis Kegagalan Material Pada Sayap Pesawat Terbang (Review),” Jumantara Jurnal Manajemen dan Teknologi Rekayasa, vol. 1, no. 1, p. 26, Jul. 2022, doi: 10.28989/jumantara.v1i1.1266

Article Metrics

Abstract view: 89 times
Download     : 64   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.