Intensitas Kebisingan mempengaruhi Produktivitas Kerja Di UPT. XYZ Yogyakarta

Atyanti Dyah Prabaswari, Nur Imamah Al Karimah, Bagus Wahyu Utomo

Submitted : 2023-06-27, Published : 2023-07-10.

Abstract

Kebisingan merupakan suatu masalah di tempat kerja yang dapat berdampak terhadap kesehatan pekerja hingga akhirnya mampu menurunkan produktifitas kerja karyawan. UPT. XYZ Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dalam perbaikan dan pemeliharaan lokomotif kereta api. Pekerja di bagian mesin terutama di bagian alat transportasi perkereta apian dituntut untuk selalu produktif dengan kebisingan yang melampaui Nilai Ambang Batas yang telah ditetapkan pemerintah. Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa Sound Level Meter untuk mengukur kebisingan yang berada di lingkungan divisi Final Test UPT. XYZ Yogyakarta. Penyebaran kuesionair juga dilakukan guna mengetahui dampak kebisingan terhadap produktivitas yang dirasakan oleh pekerja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan rata-rata kebisingan pada pagi hari yaitu berada di angka 84,32 dB, siang hari di angka 112,74 dB dan di sore hari di angka 103,58dB. Kebisingan di divisi Final Test sudah melampaui batas kebisingan yang telah ditetapkan pemerintah yaitu sebesa 85 dB per 8 jam kerja.

Keywords

Final Test, Kebisingan, Sound Level Meter, Produktivitas

References

Cahyadi, B., & Rahayu, E. (2020). ANALISA TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM DAN FMEA DI PT. ROTARY ELECTRICAL MACHINE SERVICE. Jurnal Rekayasa dan Optimasi Sistem Industri, 2(2), 51-58.

D Rimantho, MW Hanantya, Enhancing the management of the noise level using six sigma method: a case study on the machining industry, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 277 (1), 012055, 2017

Martiwi, R., Koesyanto, H., & Pawenang, E. T. (2017). Faktor Risiko Kecelakaan Kerja pada Pembangunan Gedung. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(4), 61-71.

Tarwaka, S. H. Bakri, and L. Sudiajeng, Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas, 1st ed. Surakarta: UNIBA PRESS, 2004.

Retnaningsih, R. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Alat Pelindung Telinga Dengan Penggunaannya Pada Pekerja Di Pt. X. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 1(1), 67-81.

Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Warta Dharmawangsa, (57).

BUTAR-BUTAR, W. R. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI MEDAN SUMATERA UTARA (Doctoral dissertation).

Article Metrics

Abstract view: 145 times
Download     : 139   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.