Perancangan Pompa Sirkulasi Air Pendingin Dengan Energi Surya Untuk Meningkatkan Kehandalan Proses Penyulingan Sereh Wangi Menggunakan Sistem Kohabasi untuk Mendukung Kegiatan Agroindustri Di Kepanewon Galur Kabupaten Kulon Progo

Eko Poerwanto, Kris Hariyanto

Submitted : 2023-01-09, Published : 2023-01-13.

Abstract

Penyulingan adalah pemisahan komponen yang berupa cairan terdiri dari dua macam campuran atau lebih berdasarkan perbedaant itikdidih. Proses tersebut dilakukan pada minyak atsiri yang tidak larut dalam air. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan analisa terhadap penyulingan dengan sistem kohobasi. Sistem penyulingan ini menggunakan pendingin air yang disirkulasikan didalam alat penukar panas, dimana uap hasil penyulingan akan menjadi embun karena panasnya terserap oleh aliran air pendingin yang mengalir berlawanan arah. Proses pemompaan air pendingin dilakukan dengan menggunakan pompa air kolam berkapasitas 60 liter per menit dengan sumber arus listrik 220 AC/60 watt. Pada saat proses penyulingan dilakukan, apabila terjadi pemadaman listrik,maka proses penyulingan akan terhenti, sehingga akan merugikan proses produksi dimana pada saat sirkulasi air pendingin terhenti,maka uap hasil penyulingan tidak dapat berubah menjadi tetesan minyak. Penelitian ini akan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kehandalan pada proses penyulingan tanaman atsiri yaitu sereh wangi,sehingga diharapkan akan meningkatkan produktifitas hasil penyulingan.Penelitian ini dilaksanakan untuk mendukung kegiatan agroindustri di Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo.  Proses Penyulingan dengan menggunakan  energi surya untuk catu daya pompa air  pada sitem pendingin  menunjukkan tingkat kehandalam lebih baik dari pada menggunakan catu daya  dari PLN sebagai penggerak sirkulasi air. Pemanfaatan tenaga surya sebagai penggerak pompa air DC (Direct Current) pada proses sirkulasi pompa pendingin dirancang dengan menggunakan beberapa alat diantaranya: fotovoltaik 100 Wp jenis polycrystalline, DC stepdown LM 7812, serta pompa air DC 12 V.

Keywords

Kepanewon Galur; Peningkatan Produktivitas; Sistem Pendinginan; Penyulingan; Sereh wangi

References

M. Iqbal Nuzuliansyah, Abdul Gafur, dan Bambang Dwi Haripriadi; “Rancang Bangun Kondensor Destilasi Serai Wangi Kapasitas 100 Kg/Proses”, Jurnal InovtekSeri Mesin Vol. 1, No. 2, July 2021, page 18 – 22 ; e-ISSN: 2747-1470

Rein Pukoliwutang, Sherwin R. U. A. Sompie, dan Elia Kendek Allo.,“Pengaturan Pendinginan Pada Kondensor Untuk Alat Destilasi Asap Cair”, yang dimuat di E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 6 no. 1 (2017), ISSN : 2301-8402.

Muhammad Ichwan Nugraha, Sapto Prajogo, dan Ika Yuliyani, “Perancangan Ulang Tangki Penyulingan Minyak Atsiri Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) Kapasitas 600 Kilogram”, Prosiding “The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung” pada 13-14 Juli 2022.

Meika Syahbana Rusli, Erliza Noor, Risfaheri, Edi Mulyon, Tuti Tutuarim, dan Rosniyati Suwarda, “Optimasi Kinerja Proses Distalasi Minyak Akar Wangi Dengan Modifikasi Suhu Dan Keseimbangan Fasa”, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Vol. 14 No.1 ; ISSN 0853 – 4217 ; April 2009, hlm. 65-72.

Cendy S.E Tupamahu dan Sefnath J. E. Sarwuna, “Pengaruh Laju Aliran Fluida Helical Coil Terhadap Efektivitas Kondensor Minyak Atsiri Cengkeh Berbasis Shell”, Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi ; Terakreditasi “Peringkat 4” oleh Kemenristek/BRIN, Nomor SK: 200/M/KPT/2020 ; Volume 3 Nomor 2 Tahun 2021, Juli 2021, Halaman 215-220.

A. Ardio, “Studi Analisa Sistem Produksi Usaha-Tani Sereh Wangi di Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau”, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang, 2020.

K. T. Prabowo, “Modifikasi Alat Penyuling Minyak Atsiri Tipe Uap Dan Air,” p. 82.

A. Anwar, N. Nugraha, A. N. Rukmana, and A. A. Nurrahman, “Pemberdayaan Potensi Masyarakat Desa Cimungkal Kecamatan Wado Melalui Wirausaha Sereh Wangi,” ETHOS J. Penelit. Dan Pengabdi., vol. 5, no. 2, p. 224, Sep. 2017, doi: 10.29313/ethos.v5i2.2334.

A. S. Ismy and I. S. Cebro, “Pelatihan Penyulingan Minyak Sereh Wangi Desa Alue Awe Kecamatan Muara Dua Kota Lhoseumawe,” p. 5, 2020.

E. Kurniawan, N. Sari, and S. Sulhatun, “Ekstraksi Sereh Wangi Menjadi Minyak Atsiri,” J. Teknol. Kim. Unimal, vol. 9, no. 2, p. 43, Nov. 2020, doi: 10.29103/jtku.v9i2.4398.

Sebayang, E.P.P., D. Oleh, “Pengendalian Mutu Minyak Atsiri Sereh Wangi di UKM Sari Murni Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso Kab. Karanganyar,” Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, UNS, p. 57.

Anny Sulaswatty, Meika Syahbana, Rusli, Haznan Abimanyu, dan Silvester Tursiloadi,, “Quo Vadis Minyak Serai Wangi dan Produk Turunannya” Katalog dalam Terbitan (KDT) ; (Ed.)–Jakarta: LIPI Press, 2019.

Article Metrics

Abstract view: 240 times
Download     : 151   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.