Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan AHP (Studi Kasus: Toko Nurfi, Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon)

Reni Dwi Astuti, Gina Noviyanti

Submitted : 2022-12-27, Published : 2023-01-13.

Abstract

Toko Nurfi yang bergerak di bidang fashion berdiri sejak bulan September 2019. Toko Nurfi menyediakan produk fashion yang berkualitas dengan berbagai macam model dan trend. Banyaknya pesaing dalam bidang penjualan produk fashion dan kurang maksimalnya pemasaran membuat Toko Nurfi mengalami penurunan penjualan. Penurunan penjualan yang signifikan terjadi pada periode bulan Oktober 2019 hingga bulan September 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usulan strategi pemasaran yang dapat diterapkan Toko Nurfi sebagai langkah keberlanjutan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dari lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). AHP digunakan untuk menentukan prioritas dari alternatif strategi pemasaran yang dihasilkan analisis SWOT. Metode pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi di lingkungan toko, wawancara, dan kuisioner yang dibagikan kepada pemilik toko. Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh lima strategi. Selanjutnya berdasarkan AHP diperoleh dua prioritas strategi pemasaran yang dapat dilakukan Toko Nurfi yaitu melengkapi dan memperbarui produk yang sedang trend seperti menambah produk dan warna hijab yang belum tersedia, menambah model produk pakaian wanita yang belum tersedia, dan menambah produk pakaian laki-laki yang belum tersedia dengan bobot sebesar 33% dan alternatif prioritas kedua yaitu memaksimalkan pemasaran dengan melakukan live di akun instagram, facebook, dan tiktok shop dengan bobot sebesar 28%.

Keywords

Analisis SWOT, Analytical Hierarchy Process, strategi pemasaran

References

D. Herfita, T. Widyastuti, I. Gustari, U. Pancasila, and E. Program, “ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA PT GANCIA CITRA,” vol. 14, no. 2, pp. 369–383, 2017.

Kotler and P. and G. Armstrong, “Prinsip-Prinsip Pemasaran,” p. 149, 2012.

M. G. H. Fawzi, A. S. Iskandar, H. Erlangga, Nurjaya, and D. Sunarsi, STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. 2022.

T. Proctor, “Marketing Strategy,” Strateg. Mark., pp. 1–20, 2010, doi: 10.4324/9780203460054_chapter_1.

H. Hutama, “Analisis dan Perumusan Strategi Pemasaran pada UKM Batik Jawa Anggun Pekalongan Menggunakan Analisis Swot dan Ahp,” None, vol. 4, 2015.

R. D. C. Evan Filbert, Akhmad Nidhomuz Zaman, Ade Rahman Prabowo, Finka Nabilla, “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Konveksi ‘Scout Shop’ Di Cibubur,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC, pp. 7–8, 2018.

M. Jufriyanto, “Analisis Strategi Pemasaran Pada Kerajinan Kerudung UD. Arryna Raya Pada Masa Pandemic Covid-19,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 2, pp. 228–237, 2021.

E. G. Permata, I. Kusumanto, M. Nur, and M. N. Sijabat, “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWT dan AHP Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus: Toko Roti Ayah Bakery),” Tek. Ind., no. November, pp. 609–616, 2019.

Ruri Artanti Prahastuti, Julianus Hutabarat, and Dimas Indra Laksmana, “The Decision of Selecting Online-Store Alternative in Marketing Cosmetic Products Using Analytical Hierarchy Process (AHP),” Int. J. Latest Eng. Manag. Res., vol. 5, no. 2, pp. 24–28, 2020.

D. K. Singh, A. Kumar, and M. K. Dash, “Using analytic hierarchy process to develop hierarchy structural model of consumer decision making in digital market,” Asian Acad. Manag. J., vol. 21, no. 1, pp. 111–136, 2016.

S. A. Saputro, E. Mas’idah, and A. Sugiyono, “Marketing Strategy Analysis Using the Method Swot and Qspm in Industrial Screen Printing Industries,” J. Appl. Sci. Technol., vol. 1, no. 01, p. 12, 2021, doi: 10.30659/jast.1.01.12-21.

H. Setyorini, M. Effendi, and I. Santoso, “Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang),” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016, doi: 10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.

F. A. Bili, “Determining Marketing Methods Using Swot Analysis and Qspm,” Indones. J. Multidiscip. Sci., vol. 1, no. 6, pp.

Article Metrics

Abstract view: 674 times
Download     : 327   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.