PERANCANGAN SISTEM PENDINGIN THERMO ELECTRIC COOLING BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Agus Basukesti

Abstract

Tulisan ini akan membahas manfaat thermo electric cooling sebagai pendingin dengan dukungan Mikrokontroler  sebagai pengendali otomatis. Rancangan dapat dimanfaatkan pada sistem  pengendalian peralatan, kinerja sistem   terpengaruh panas,  sistem-sistem lain yang berbaya jika bekerja pada suhu tinggi,  serta dikendalikan dari jarak jauh. Kebutuhan perangkat keras rancangan ini  adalah thermo electric cooling, Mikrokontroler AT89C51, IC LM 35, A/D Converter, penampil, dan Regulator 7805 serta didukung bahasa Assembler earth.asm.  Sebelum perancangan dilaksanakan pengujian peralatan-peralatan, supaya sistem dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk mengetahui kinerja system  pendingin ini dengan cara mengamati data hasil simulasi pada tiga keadaan kondisi suhu prosesor dan heatsink prosesor  pertama menggunakan heatsink standar, kedua water block dan ketiga water block ditambah thermo electric cooling. Dari hasil grafik menunjukkan bahwa system pendingin thermo electric cooling paling efektif dibandingkan dengan heatsink dan water block.

Dengan melihan hasil tersebut rancangan pendingin berbasis mikrokontroler ini dapat sebagai tambahan pengetahuan bahkan  dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan  mengatasi permasalahan  data/informasi yang banyak dibutuhkan.

References

Andi W., 2008, Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR, Informatika, Jakarta

Agfianto E.p., 2002, Belajar Mikrokontroler AT89C 51/52/55, Gava Media, Yogyakarta.

Balza A., Wahyu S., 2008, Sistem Alram Mobil Menggunakan Mikrokontroler AT89C52 Berbasis SMS, Tekomnika, Vol 6 No.1, April 2008, UAD Yogyakarta.

Benedictus B. S., 2005, Belajar Alarm Berbasis Sensor Getaran, PT. ElekMedia Komputindo, Jakarta

Roger L. Tokheim, 1995, Elektronika Digital, Erlangga, Jakarta

Widodo B. H., 2004, Elektronika Digital dan Mikroprosesor, Andi, Yogyakarta

Widodo B. H., 2004, Interfacing Computer dan Mikrokontroler, PT Elekmedia Komputindo, Jakarta

Article Metrics

Abstract view: 200 times
Download     : 241   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.