Analisis pengaruh refiner time terhadap quality tissue (studi kasus di PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2)

Dewi Sinta, Fahriza Nurul Azizah, Billy Nugraha

Submitted : 2021-02-02, Published : 2021-05-03.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari refiner time (waktu penggilingan ulang) terhadap kualitas tissue.Data yang dikumpulkan adalah data primer saat proses pembuatan tissue (handsheet).Waktu untuk LBKP (5,  10 dan 25) menit dan NBKP (10, 30 dan 40) menit. Masing-masing pulp dibuat sebanyak 2 buah. Kemudian dilakukan pengujian di Laboratorium QC dengan faktor pengujian yang menentukan kualitas tissue. Seperti:freeness(derajat giling), thickness(ketebalan), machine direction tensile(kekuatan), basisweight (berat), elongation (daya mulur) dan porosity(kerapatan serat). Hasil yang didapat jika semakin lama refiner time,maka (1) freeness akan semakin rendah, (2) thickness akan semakin tinggi, (3) measure direction tensile akan semakin tinggi, (4)elongation akan semakin tinggi dan (5) porosity akan semakin tinggi. Namun tidak akan memengaruhi nilai dari basis weight.

Keywords

Tissue(Handsheet),Refiner Time, Quality Control

References

R. Sangkay, "Strategi Pemasaran kreatif Yang Diterapkan di PT Otomodo Manado Town Square," Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, vol. V, no. 4, pp. 639-656, 2017.

H. Holik, Handbook of Paper and Board, Weinheim: Wiley VCH Verlag GmbH & Co.KGaA, 2006.

H. Sixta, Handbook of Pulp, Weinheim: Wiley VCH, 2006.

H. Rachmawati and T. Hidayat, "Efektivitas Berbagai Indikator Penggilingan untuk Memprediksi Kualitas Kertas," Jurnal Selulosa, vol. I, no. 2, pp. 72-80, 2011.

K. Syamsu, H. Roliadi, K. P. Chandra and A. J. Arsyad, "Kajian Proses Produksi Pulp dan Kertas Ramah Lingkungan dari Sabut Kelapa," Jurnal Teknologi Pertanian, vol. IX, no. 1, pp. 16-25, 2014.

R. M. Alfathy, M. P. Aji and Sulhadi, "Analisis Variasi Warna Terhadap Kualitas Daya Serap dan Kuat Tarik Tissue Napkin Paper," Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, vol. II, no. 1, pp. 25-27, 2017.

S. Bahri, "Pembuatan Serbuk Pulp dari Daun Jagung," Jurnal Teknologi Kimia Unimal, vol. IV, no. 1, pp. 46-59, 2015.

Y. Setiawan, S. Purwati, A. Surachman, R. I. W. and K. J. Pramono, "Pemanfaatan Plastik Limbah Reject Industri Kertas untuk Bahan Bakar," in Seminar Teknologi Pulp dan Kertas, Bandung, 2015.

R. Masriani and T. Hidayat, "Perancangan Metode Pengukuran Kemampuan Daur Ulang Kertas," in Seminar Teknologi Pulp dan Kertas, Bandung, 2015.

Falahudin, Irfan and N. Aini, "Pengaruh Penambahan Bahan Chemical Wet Strength dan Dry Strength dalam Proses Pembuatan Tissue Napkin 18 GSM," Program Studi S-1 Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sains Bandung, Bandung, 2014. H.

Risdianto, S. K. Wirawan and S. Sugesty, "Aplikasi Lakase pada Proses Refining Pulp," Jurnal Selulosa, vol. IX, no. 2, pp. 65-74, 2019.

D. Wikanaji and T. Trisnawati, "Pengembangan Serat Dan Efisiensi Energi Pada Kombinasi Refining Konsistensi Tinggi Dan Rendah," Jurnal Selulosa, vol. I, no. 1, pp. 8-14, 2011.

Article Metrics

Abstract view: 801 times
Download     : 2185   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.