A TAXONOMY OF STRATEGIES FOR INDUSTRY 4.0 IMPLEMENTATION IN INDONESIA

Budhi Sholeh Wibowo

Submitted : 2019-03-29, Published : 2019-05-06.

Abstract

Industry 4.0 tidak hanya membawa peluang besar namun juga berpotensi membawa imbas negatif bagi perkembangan industri di Indonesia. Makalah ini bertujuan untuk membangun taksonomi strategi penerapan Industry 4.0 di Indonesia melalui pemetaan 33 sektor manufaktur di Indonesia. Penelitian dilakukan berdasarkan statistik kinerja sektor industri besar yang diukur berdasarkan tujuh variabel yaitu: jumlah perusahaan, input, output, nilai tambah, biaya tenaga kerja, dan perubahan modal. Dengan menggunakan analisis klaster, kami mendapatkan bahwa penerapan Industry 4.0 di Indonesia dapat dibagi menjadi 4 strategi utama, yaitu: automasi, kolaborasi, biasa, dan bisnis model baru. Taksonomi strategi ini relevan bagi perencana kebijakan publik dalam menerapkan Industry 4.0 di Indonesia.

Keywords

industry 4.0; analisis klaster; taksonomi; manajemen strategi; manufaktur

Full Text:

PDF

References

Google Temasek (2018) e-Conomy SEA 2018, Southeast Asia’s internet economy hits an inflection point

BMBF-Internetredaktion (2016) “Zukunftsprojekt Industrie 4.0 – BMBF”. Bmbf.de. https://www.bmbf.de/de/zukunftsprojekt-industrie-4-0-848.html

Industrie 4.0 Plattform. (2018) Diakses pada 20 December 2018. https://www.plattform-i40.de/I40/Navigation/DE/Home/home.html

Schwab, P. (2018), The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

World Economic Forum (2018) The Future of Jobs

BPS (2016). Statistik Industri Besar Indonesia. https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html

Article Metrics

Abstract view: 5900 times
Download     : 687   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.