Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SD

Azizatul Alif Syafriza, Edi Triono Nuryatno, Astika Ayuningtyas, Ali Mustadi, Novan Ramdanu Putra, Ayu Endita Irawan

Submitted : 2024-12-27, Published : 2025-05-08.

Abstract

Pembelajaran media memainkan peran penting dalam mengisi interaksi antara guru dan siswa, terutama ketika meningkatkan konsep yang kompleks. Salah satu inovasi yang dapat digunakan adalah media pembelajaran digital seperti Augmented Reality (AR), yang memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis AR dalam meningkatkan keterampilan matematika pada siswa sekolah dasar, terutama dalam materi geometris. Metode penelitian yang digunakan adalah model 3D yang mewakili perubahan model 4D (definisi, desain, pengembangan, distribusi). Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR sangat cocok untuk belajar pada tingkat kelayakan 91%. Selain itu, efektivitas media ini telah terbukti sangat baik ketika meningkatkan pemahaman matematika kelas IV dengan skor rata -rata 89,70%. Hasil evaluasi untuk tujuh kelas juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata -rata 83. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis AR adalah alternatif inovatif untuk meningkatkan pemahaman matematika di kalangan siswa sekolah dasar.

Keywords

Instructional media, Augmented Reality, Math ability, Elemantary student

References

A. Daniyati, I. B. Saputri, R. Wijaya, S. A. Septiyani, and U. Setiawan, “Konsep dasar media pembelajaran,” Journal of Student Research, vol. 1, no. 1, pp. 282–294, 2023.

A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar,” Journal on Education, vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023.

T. Tafonao, “Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa,” Jurnal komunikasi pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 103–114, 2018.

R. Ariyani, N. Anisyah, and D. Darni, “Penggunaan media pembelajaran berbasis blog bagi mahasiswa,” Jurnal Literasiologi, vol. 8, no. 2, p. 556620, 2022.

R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar,” Jurnal basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020.

N. Alfitriani, W. A. Maula, and A. Hadiapurwa, “Penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran mengenal bentuk rupa bumi,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 38, no. 1, pp. 30–38, 2021.

I. Mustaqim, “Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran,” Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, vol. 13, no. 2, pp. 174–183, 2016.

B. Salsabila, A. Akhyar, A. Setiawan, and D. A. Chandra, “Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah,” Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 856–863, 2023.

S. Mustapha, C. A. Chong, and M. N. Mohammed, “Review on the usage of mixed reality and augmented reality assisted learning tool in aircraft maintenance,” in 2021 IEEE 9th Conference on Systems, Process and Control (ICSPC 2021), IEEE, 2021, pp. 168–173.

M. Safi and J. Chung, “Augmented reality uses and applications in aerospace and aviation,” in Springer Handbook of Augmented Reality, Springer, 2023, pp. 473–494.

C. Brown, J. Hicks, C. H. Rinaudo, and R. Burch, “The use of augmented reality and virtual reality in ergonomic applications for education, aviation, and maintenance,” Ergonomics in Design, vol. 31, no. 4, pp. 23–31, 2023.

A. M. Arifin, H. Pujiastuti, and R. Sudiana, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 59–73, 2020.

A. Kamiana, M. W. A. Kesiman, and G. A. Pradnyana, “Pengembangan augmented reality book sebagai media pembelajaran virus berbasis android,” KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), vol. 8, no. 2, pp. 165–171, 2019.

J. Jumaena, S. Salmilah, and N. P. Munir, “Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Refleksi, vol. 12, no. 3, pp. 149–160, 2023.

A. Efe, “Taking virtual reality and augmented reality to the next level: Artificial intelligence with mixed reality,” Kamu Yönetimi ve Teknoloji Dergisi, vol. 4, no. 2, pp. 141–165, 2022.

M. J. A. Tsani and P. A. Raharja, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android Untuk Siswa,” in Seminar Nasional Inovasi dan Pembangunan Teknologi Terapan (SENOVTEK), 2022, pp. 17–27.

N. F. Shofiah, J. P. Purwaningrum, and F. Fakhriyah, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Whatsapp,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 5, pp. 2683–2695, 2021.

H. Hamid and M. Jamil, “Perancangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Pengenalan dan Pembelajaran Sejarah Terjadinya Pulau Maitara,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, 2019.

M. Mantasia and H. J. Hendra, “Pengembangan teknologi augmented reality sebagai penguatan dan penunjang metode pembelajaran di SMK untuk implementasi Kurikulum 2013,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 6, no. 3, pp. 281–291, 2016.

D. S. Maylawati et al., “Augmented Reality using Natural Feature Tracking Method to Introduce Science Verses in Qur’an,” in 2021 7th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT), IEEE, 2021, pp. 1–5.

M. Nevarini, R. Agustiani, and A. Zahra, “Application of augmented reality in geometry learning in increasing student learning motivation,” Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), vol. 2, no. 1, pp. 40–50, 2023.

A. Ardyansyah and S. Rahayu, “Development and implementation of augmented reality-based card game learning media with environmental literacy in improving students’ understanding of carbon compounds,” Orbital: The Electronic Journal of Chemistry, pp. 118–126, 2023.

Y.-S. Chang, Y.-S. Chen, and C.-W. Chiang, “RETRACTED ARTICLE: The differences in pleasing value and learning performance among different groups using mobile augmented reality system for cultural environment learning,” Multimed Tools Appl, vol. 78, no. 4, pp. 4965–4986, 2019.

D. S. Maylawati et al., “Augmented Reality using Natural Feature Tracking Method to Introduce Science Verses in Qur’an,” in 2021 7th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT), IEEE, 2021, pp. 1–5.

Article Metrics

Abstract view: 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.