Analisa Jaringan dan Pola Penyedia Layanan Judi Online di Twitter menggunakan Social Network Analysis

Bagas Dwi Santosa, Nurul Fatimah, Netania Indi Kusumaningtyas, Ulfi Saidata Aesyi

Submitted : 2023-08-14, Published : 2023-11-06.

Abstract

Lonjakan kasus perjudian online di Indonesia telah menyebabkan banyak individu kecanduan dan mengalami dampak negatif. Twitter kini menjadi platform yang sering digunakan oleh penyedia perjudian online yang menggunakan berbagai taktik pemasaran untuk menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, analisis menjadi penting untuk mengidentifikasi jaringan pemain perjudian online dan memahami strategi yang digunakan oleh penyedia layanan tersebut. Dengan menggunakan Analisis Jaringan Sosial (SNA), penelitian ini mengungkapkan wawasan kunci, seperti akun Twitter dominan, hashtag yang sering digunakan, pola foto profil, dan kata kunci yang persuasif. Dalam jaringan ini, @slot_gacor_hari menonjol sebagai tokoh sentral dalam jaringan hashtag #slotgacor. Nilai tinggi dalam Degree Centrality, Closeness Centrality, Betweenness Centrality, dan Eigenvector Centrality menegaskan peran penting mereka dalam interaksi dan penyebaran informasi. Analisis ini membantu badan pemerintah, penegak hukum, dan lembaga terkait dalam menangani penyedia perjudian online dan merancang langkah pencegahan yang lebih efektif.

Keywords

Judi online, Jaringan, Media sosial, Social Network Analysis

References

M. Migu and M. Zaky, “Penyebab Keterlibatan Masyarakat dalam Aktivitas Perjudian Online: Studi Kasus Kelurahan Kedaung, Tangerang Selatan,” Anomie, vol. 4, no. 1, pp. 24–36, 2022.

P. P. R. Paramartha, A. A. S. L. Dewi, and I. P. G. Seputra, “Sanksi Pidana terhadap Para Pemasang dan Promosi Iklan Bermuatan Konten Judi Online,” Jurnal Preferensi Hukum, vol. 2, no. 1, pp. 156–160, 2021.

A. Price, “Online gambling in the midst of COVID-19: a nexus of mental health concerns, substance use and financial stress,” Int J Ment Health Addict, vol. 20, no. 1, pp. 362–379, 2022.

M. K. Bratawisnu and A. Alamsyah, “Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Dimedia Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia),” Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 107–115, 2018.

S. A. Rios, F. Aguilera, J. D. Nuñez-Gonzalez, and M. Graña, “Semantically enhanced network analysis for influencer identification in online social networks,” Neurocomputing, vol. 326, pp. 71–81, 2019.

N. Mustari, W. Suardi, and U. Syukri, “Analisis Sentimen Media Sosial: Penerapan E-Katalog dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia,” PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, vol. 10, no. 3, pp. 193–200, 2022.

A. J. K. Eriyanto, “Edisi 1,” Jakarta: Kencana, 2014.

Putri Alvina Lutfiani, “Gephi: Social Network Visualization,” Aug. 01, 2020.

Edi S. Negara, “Pahami lebih Dalam Tentang Bentuk Relasi Pada Jaringan Sosial.”

G. N. Bakry and I. M. Kusmayadi, “Peran pers sebagai aktor gerakan digital tagar# solidaritasuntukntt di Twitter,” Jurnal Kajian Jurnalisme, vol. 5, no. 1, pp. 98–114, 2021.

B. Susanto and A. R. Chrismanto, “Penerapan social network analysis dalam penentuan centrality studi kasus social network Twitter,” Jurnal Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2012.

S. R. Utami, R. N. Safitri, and Y. A. Kuncoroyakti, “Analisis jaringan dan aktor# BatalkanOmnibusLaw di media sosial Twitter menggunakan social network analysis (SNA),” Journal of Media and Communication Science, vol. 4, no. 3, pp. 135–148, 2021.

E. Krisnawati, D. S. Wibowo, A. Susanto, R. W. Pratiwi, and D. Dairoh, “Penerapan Eigenvector Centrality Terkait Metode Social Network Analysis (SNA) dalam Program Vaksinasi Covid-19 di Twitter,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol. 7, no. 3, pp. 179–188, 2022.

A. Asriadi, “Analisis Kecanduan Judi Online (Studi Kasus Pada Siswa SMK An Nas Mandai Maros Kabupaten Maros),” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 2021.

M. G. Pradana, “Penggunaan fitur wordcloud dan document term matrix dalam text mining,” Jurnal Ilmiah Informatika, vol. 8, no. 01, pp. 38–43, 2020.

Article Metrics

Abstract view: 386 times
Download     : 55   times Download     : 9   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.