PERANCANGAN PURWARUPA VERTICAL AXIS WIND TUBINE (VAWT) SKALA KECIL

buyung junaidin

Submitted : 2017-10-27, Published : 2017-12-14.

Abstract

Konsumsi energi yang berasal dari bahan bakar fosil yang semakin tinggi dan ketersediannya di alam yang terbatas sehingga jumlahnya makin lama semakin berkurang, memaksa orang untuk mencari alternatif sumber energi lain. Energi angin menjadi salah satu energi alternatif yang penting dan diperhitungkan sejak adanya krisis energi dan isu lingkungan (polusi udara) akibat penggunaan bahan bakar fosil. Energi angin dimanfaatkan dengan cara mengubah gerakan angin menjadi energi listrik dengan turbin angin (wind turbine). Banyak turbin angin dengan skala besar yang telah dibuat atau dikembangkan di berbagai negara karena terbukti sangat efektif untuk menghasilkan energi listrik. Turbin angin skala kecil juga ikut dibuat dan dikembangkan hingga saat ini karena beberapa kelebihannya jika dibandingkan dengan turbin angin skala besar. Kelebihan itu diantaranya tidak terbatasnya daerah atau lokasi pemasangan turbin angin karena ukurannya yang kecil sehingga dapat ditempatkan di daerah seperti perkotaan. Untuk turbin angin skala kecil, jenis vertical axis wind turbine (vawt) sangatlah cocok digunakan di daerah perkotaan karena karakteristik VAWT yang dapat bergerak tanpa tergantung arah angin, hal ini sesuai dengan karakteristik angin perkotaan. Selain itu, VAWT dapat bergerak dan menghasilkan energi listrik pada kondisi kecepatan angin yang rendah. Penelitian ini fokus pada perancangan VAWT skala kecil yang dapat diaplikasikan pada kecepatan angin rendah dan berubah-ubah arah seperti karakteristik angin di perkotaan Indonesia serta analisis aerodinamika menggunakan metode double-multiple stream-tube (DMS).

Keywords

Turbin angin, Vertical Axis Wind Turbine (VAWT), Perancangan

References

MD.Saddam Hussen, Dr. K. Rambabu, M. Ramji, E. Srinivas, 2015, Design and Analysis of Vertical Axis Wind Turbine Rotors, International Journal on Recent Technologies in Mechanical and Electrical Engineering (IJRMEE), Volume:2, Issue:9, Hal.054-062.

Niranjana S.J., 2015, Power Generation by Vertical Axis Wind Turbine, International Journal of

Emerging Research in Management &Technology, Volume:4, Issue:7, Hal.1-7.

S. Brusca, R. Lanzafame, M. Messina, 2014, Design of a vertical-axis wind turbine: how the aspect ratio affects the turbine’s performance, International Journal of Energy and Environmental Engineering, Volume:5, Issue:4, Hal.333–340.

Samia Tabassum dkk., 2015, Design and Analysis of Different Types of Rotors for Pico-Turbine, Scientific Research Publishing, Bangladesh Council of Scientific and Industrial Research, Dhaka, Bangladesh.

Oliver Hammond, Shelby Hunt dan Emily Machlin., 2014, Design of an Alternative Hybrid Vertical Axis Wind Turbine, Bachelor Theses, Worcester Polytechnic Institute, United Stated.

Article Metrics

Abstract view: 833 times
Download     : 1131   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.