Analisis penentuan prioritas media promosi ITDA menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Uyuunul Mauidzoh, Esa Rengganis Sulliyarta, Gunawan Gunawan

Submitted : 2023-03-03, Published : 2023-05-30.

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Peningkatan tersebut terlihat dari semakin banyaknya lembaga pendidikan yang didirikan dan dikembangkan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Salah satu pengaruh agar kegiatan promosi dapat berjalan efektif dan efisien adalah pemilihan media promosi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengambilan keputusan dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan prioritas media promosi. Model pendukung keputusan ini akan menggambarkan permasalahan multi faktor atau multi kriteria yang kompleks ke dalam sebuah hierarki, menurut Saaty, hierarki diartikan sebagai representasi suatu permasalahan kompleks dalam struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, diikuti oleh tingkat faktor, kriteria, subkriteria, dan seterusnya hingga tingkat terakhir dari alternatif. Sistem ini dapat menjadi pendamping pengambilan keputusan mengenai pemilihan media promosi. Faktor dan subfaktor terpenting yang menjadi pertimbangan dalam memilih Media Promosi yaitu: Faktor jangkauan dengan subfaktor jangkauan nasional, sedangkan ITDA menggunakan beberapa media promosi yaitu media sosial, Website, Baliho, dan Spanduk. Berdasarkan hasil penelitian, urutan prioritas media promosi yang akan digunakan ITDA adalah media sosial dengan bobot prioritas sebesar 0.31656293. Website, dengan bobot prioritas 0.31656293. Baliho, dengan bobot prioritas 0,203506909. Presentasi, dengan bobot prioritas 0.11560247. Brosur, dengan bobot prioritas 0.093740094. Banner, dengan bobot prioritas 0,05074091.

References

F. Tjiptono, Manajemen Jasa, 2nd ed. Andi Offset, 2000.

B. Swastha and D. H. Irawan, "Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua," Yogyakarta Lib., 2003.

P. Kotler, K. Keller, D. Manceau, and A. Hemonnet-Goujot, Marketing Management (16e édition). Pearson, 2019.

R. S. Pradini and I. D. Wijaya, "Spk Pemilihan Media Online Sebagai Sarana Promosi Menggunakan Metode Ahp," J. Inform. Polinema, vol. 2, no. 4, p. 181, 2016, doi: 10.33795/jip.v2i4.80

Y. Servanda, "Analilis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Media Promosi STIMIK Balikpapan," SAMINASTIKA, vol. 1, no. 1, pp. 51-58, 2018.

C. Agustina, "PEMILIHAN MEDIA PROMOSI DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) Studi Kasus: BSI Magelang," Paradigma, vol. 14, no. 1, 2018.

Suhud and S. Dwiyatno, "Analisis Pendukung Keputusan Penentuan Media Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Serang Raya Menggunakan Metode AHP," J. PROSISKO, vol. 1, no. September 2014, pp. 30-35, 2014.

S. Saifuddin, I. Setiawati, and E. I. H. Ujianto, "PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN TEMPAT PEMASANGAN MEDIA PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN," in Proceeding SENDI_U, Jul. 2019, pp. 106-110.

K. Makkasau, "PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN PRIORITAS PROGRAM KESEHATAN (STUDI KASUS PROGRAM PROMOSI KESEHATAN)," J@ti Undip J. Tek. Ind. Vol. 7, No.2, Mei 2012, 2013, doi: 10.12777/jati.7.2.105-112

G. Abedi and E. Abedini, "Prioritizing of marketing mix elements effects on patients' tendency to the hospital using analytic hierarchy process," Int. J. Healthc. Manag., vol. 10, no. 1, pp. 34-41, 2017, doi: 10.1080/20479700.2016.1231435

T. L. Saaty and L. G. Vargas, Model, Methods, Concepts & The Analytical Hierarchy Process, Secon Edit. New York: Springer, 2012.

E. Subiyantoro, A. R. Muslikh, M. Andarwati, G. Swalaganata, and F. Y. Pamuji, "Analisis Pemilihan Media Promosi UMKM untuk Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1-8, 2022, doi: 10.26905/jtmi.v8i1.6760

E. Subiyantoro, A. R. Muslikh, M. Andarwati, and F. Y. Pamuji, "Desktop-Based AHP Application Development for SMEs Promotion Media Decision Support System," pp. 122-130, 2021.

M. Andarwati and G. Swalaganata, "Analysis of Promotional Media Selection Based on Modified Analytical Hierarchy Process (AHP) to Increase Halal Product Sales Volume," IQTISHODUNA J. Ekon. Islam, vol. 12, no. 1, pp. 1-14, 2023, doi: 10.54471/iqtishoduna.v12i1.2270

Haryati, R. Piarna, N. N. Purnawan, D. Vernanda, T. H. Apandi, and N. Khoirunnisa, "Analisis Karakteristik Konsumen dan Faktor Dominan Keberhasilan Promosi UMKM Kab. Subang di Media Sosial," Bull. Inf. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 169-178, 2022

Article Metrics

Abstract view: 172 times
Download     : 95   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.